PCNU JAKARTA BARAT BERSAMA BANSER, FATAYAT NU DAN LPBI-NU SERTA LAZISNU JAKARTA BARAT MEMBERIKAN DAN MENYALURKAN BANTUAN KEPADA KORBAN KEBAKARAN DI GROGOL PETAMBURAN

Menindaklanjuti informasi terjadinya kebakaran yang menghanguskan 14 rumah warga dengan 200 korban jiwa dari 45 Kepala Keluarga yang terjadi pada Senin, 9 Agustus 2021 sekitar jam 19.10 WIB malam di wilayah RT. 14 RW. 01 kelurahan Grogol, kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat menggugah rasa kemanusiaan untuk mendirikan Posko NU Peduli sebagai posko bantuan guna menghimpun bantuan dari warga masyarakat khususnya Nahdliyyin untuk kemudian di salurkan kepada korban. Setelah berkoordinasi dengan aparatur pemerintah setempat terutama RT dan RW, di sepakati untuk titik pendirian Posko berada di sisi jalan seberang toko listrik tak jauh dari lokasi terjadinya kebakaran.

Jelang lima hari pasca terjadinya kebakaran Senin malam 9 Agustus 2021 lalu sekitar jam 7 malam di wilayah RT. 14 RW. 01 kelurahan Grogol, kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat bantuan dari masyarakat untuk korban masih terus mengalir. Beberapa jenis bahan makanan pokok, pakaian dan kebutuhan bayi seperti susu dan pampers masih memenuhi posko – posko bantuan baik yang di kelola penduduk sekitar maupun relawan. Kesemua posko bantuan yang sebelumnya telah terkoordinasi terutama dengan aparatur pemerintah setempat baik RT maupun RW satu sama lain saling membahu menyalurkan bantuan guna meringankan beban para korban.

Di lokasi tersebut tercatat ada 14 rumah warga hangus terbakar dengan 200 korban jiwa dari 45 Kepala Keluarga. Untuk tinggal, sementara warga mengungsi di mushola terdekat dan sebagian menumpang di rumah tetangga yang terhindar dari amukan si jago merah saat kejadian.

Guna membantu meringankan beban para korban, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jakarta Barat bersama unsur Badan Otonom (Banom) BANSER Jakarta Barat dan Fatayat Nahdlatul Ulama (FATAYAT NU) serta dari unsur Lembaga yakni Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Indonesia Nahdlatul Ulama (LPBI-NU) serta Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (LAZISNU) salurkan bantuan yang di himpun dari pengurus, warga NU (Nahdliyyin) dan masyarakat.

Wiko Djatmiko ketua RW. 01 di dampingi Hendrik ketua RT. 14 dan Budi koordinator posko dan relawan warga tempat terjadinya kebakaran menerima langsung bantuan secara simbolis dari ketua PCNU Jakarta Barat H. Agus Salim, SE (Sabtu, 14/08/2021).

“NU itu banyak warganya dan banyak cabang – cabangnya, bantuan dari Warga NU Jakarta Barat yang kami himpun semoga manfa’at dan berkah untuk bisa meringankan beban para korban kebakaran dan kami harap bantuan yang tidak seberapa ini bisa di bagi rata, jadi semua bisa kebagian. Ada beras, mie instan, telur, air mineral, susu, roti, pakaian baru, alas tidur termasuk pampers untuk bayi dan anak – anak. Kami percayakan semua pengaturan dan pembagiannya kepada Pak RW dan Pak RT”, demikian H. Agus menuturkan.

Sementara Wiko Djatmiko dengan mimik wajah haru menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada NU Jakarta Barat atas bantuan yang di berikan untuk warganya

“kami mengucapkan terima kasih kepada NU, sesama anak bangsa tentu kita harus saling membantu. Kami kenal NU sejak kecil dan kami do’akan semoga kedepannya pemimpin dari NU semua karena meskipun NU organisasi yang berbasis agama tetapi modern, artinya NU tidak mengenal suku, agama dan ras, tidak ada indikasi menyekat – nyekat tapi untuk semua umat karenanya NU di hati masyarakat”, ujar Wiko Djatmiko.

Turut bersama Ketua PCNU Jakarta Barat H. Agus Salim, wakil katib syuriah PCNU Jakarta Barat H. Zaini, SE, ketua NU CARE LAZIS-NU Jakarta Barat Nuruddin, S.Ag, ketua LPBI-NU Jakarta Barat, Abdul Ro’uf, S.Pd.I, ketua PC Fatayat NU Jakarta Barat ustadzah Nurlela, S.Pd, katib syuriah MWC NU kecamatan Grogol Petamburan HM. Jakfar Wijaya M. Si di dampingi ketua tanfidziah HM. Hifni Riyansyan, wakil ketua tanfidziah Zulfikar, SH, sekretaris tanfidziah Rosikin, SH, serta Kasatkorcab BANSER Jakarta Barat Nurzaman Sidiq, SQ yang di dampingi oleh Kasatkoryon BANSER Grogol Petamburan Endang Batara.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *